Senin, 04 April 2011

Perbedaan Notula, Notulen, Notulis, dan Notulasi

Mungkin banyak orang yang belum terlalu tahu perbedaan kata 'Notula, Notulen, Notulis,dan Notulasi". Sebagian orang menggunakan nama tersebut hanya sebagai formalitas saja (supaya keliatan keren kali ya, padahal gak tau). Al Right, let's check it clearly!. Berdasarkan ilmu yang pernah saya dapat ketika belajar di jurusan Administrasi Perkantoran, atau dulu namanya Sekretari di SMKN 1 Rangkasbitung serta hasil pencarian dari berbagai referensi baik guru saya langsung ataupun dari KBBI.
Baca pengalaman seseorang berikut ini :
Jum’at sore, saya membaca sebuah hasil rapat yang terdiri dari beberapa halaman. Judul lembaran itu adalah NOTULENSI RAPAT. Karena saya merasa sudah pernah berburu kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia di laman Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia saya mencoba mengoreksi judul tersebut. Tapi yang membuat lembaran hasil rapat tersebut bersikeras bahwa yang betul adalah notulensi.

Oke, saya akan berbagi kepada Anda semua. Tapi sebelumnya saya memberitahukan kepada Anda jika Anda mengetik kata notulensi di laman pencarian seperti Google maka Anda akan mendapatkan pemakaian kata notulensi banyak dipakai oleh instansi-instansi beken di republik ini.

Dan kepada siapa kita akan merujuk tentang bentuk kata yang benar dari sebuah kata? Maka jawabannya adalah tentu kepada sebuah instansi pemerintahan yang berwenang dan kapabel dalam menangani ini. Pusat Bahasa tentunya.

Di laman Kamus Besar Bahasa Indonesia yang telah disediakan oleh Pusat Bahasa itu maka dapat dicari banyak kata dasar. Kalau kita memilih bentuk pencarian “memuat” dan mengetikkan kata notul pada kotak yang disediakan tersebut maka daftar kata yang ditampilkan ada tiga:
- Notula;
- Notulen;
- Notulis.

Coba lihat tak ada kata notulensi di sana. Saya tidak tahu darimana kata ini berasal. Apakah KBBI yang lupa memasukkan kata ini atau adakah sumber lain yang meyakinkan saya bahwa kata ini memang layak untuk dipakai.

Mungkin maksudnya karena ini berkaitan dengan dokumen dan kata dokumen berdekatan dengan kata dokumentasi, maka kata notulen didekatkan pula dengan imbuhan “si” di belakang sehingga menjadi notulensi. Pengaitan yang salah.

Mari kita cari tahu definisi ketiga kata itu.
no·tu·la n catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yg dibicarakan dan diputuskan: — rapat merupakan dokumentasi penting
no·tu·len ? notula
no·tu·lis n orang yang bertugas membuat notula (catatan rapat)

Terkadang orang juga banyak yang bingung dalam pemakaian kata siapa yang bertugas membuat catatan rapat. Notulis atau notulen? Tentu setelah Anda membaca pengertian di atas semoga tidak keliru untuk memakainya.

Contoh yang salah dari pemakaian kata notulen:
“Saya butuh seorang notulen yang mengerti tentang isu pencemaran udara.”

“Saya diminta sama seorang teman buat jadi notulen di acaranya yang cukup berbau internasional.”
Yang benar adalah:

“Saya butuh seorang notulis yang mengerti tentang isu pencemaran udara.”

“Saya diminta sama seorang teman buat jadi notulis di acaranya yang cukup berbau internasional.”

Jadi singkatnya, catatan rapat itu disebut notula sedangkan yang membuat notula adalah notulis.

Pakailah kata notula atau notulen jangan notulensi. Dan pakailah notulis jangan notulen untuk menunjukkan siapa yang membuat catatan rapat.
Semoga informasi ini berguna buat Anda semua.
***

Catatan: yang tidak setuju tentang catatan kecil saya ini coba tunjukkan kepada saya sebuah landasan yang betul dari pemakaian kata notulensi.

nah... sudah tahu kan teman-teman tentang perbedaan notula, notulen, notulis, dan notulasi. So........... kalo dah tahu maka pakailah kata yang benar sesuai dengan tujuan yang kita maksud, biar gak cuma beken ketika ngomongnya aja, tapi ternyata salah. So perbaiki persepsi kita yang salah selama ini. jangan diulangi lagi ya....!. saya menulis ini karena merasa ini menjadi kewajiban saya untuk mengamalkan ilmu... karena sangat sering melihat dan mendengar teman-teman saya menggunakan istilah yang salah dalam dalam menggunakan istilah "NOTULA"

untuk mengetahui contoh notula rapat silakan klik
atau Notula.doc

semoga bermanfaat

Referensi: dari berbagai sumber

2 komentar:

Christian mengatakan...

terima kasih banyak Khaeriah. berguna nih untuk saya

Meyta Arinta Kartika Putri mengatakan...

terimakasih banyak, sangat membantu buat tugas :D jadi notula itu sama dengan notulen ya?

Poskan Komentar